CounTama

6 Kesalahan Perhitungan Persediaan Barang, Sering Terjadi!

Persediaan Barang

Persediaan Barang merupakan aktiva lancar yang dimiliki oleh setiap perusahaan demi menunjang kelancaran aktivitas operasional bisnis. Persediaan barang atau disebut sebagai inventori kantor, jika dikelola dengan tepat akan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Mulai dari perencanaan bisnis semakin efektif, peningkatan efisiensi bisnis, hingga keuntungan perusahaan yang semakin meningkat.

Karenanya, inventori sangatlah berpengaruh dalam bisnis. Jika terjadi kesalahan dalam perhitungan persediaan barang, tentunya akan berdampak negatif bagi perusahaan. Artikel ini akan membahas tentang kesalahan yang sering terjadi dalam perhitungan inventori dan cara mengatasinya dengan mudah. Simak ya!

1. Jarang Menghitung Persediaan Barang Kantor

Persediaan barang merupakan aset perusahaan jangka pendek dimana jumlahnya dapat berubah setiap waktu. Oleh karenanya, pihak perusahaan perlu untuk menghitung inventory ini secara rutin.

Jika tidak, maka data yang tercatat tidak sesuai dengan stok gudang, ini akan menimbulkan ketidakakuratan dalam pencatatan data barang. Data yang tidak akurat ini akan menimbulkan berbagai kesalahan dalam menetapkan harga jual, jumlah stok barang yang tidak sesuai, dan dampak merugikan lainnya.

 

2. Mengabaikan Penyesuaian Persediaan Barang

Jumlah persediaan barang dapat berubah sewaktu-waktu. Entah itu karena barang telah laku terjual, hilang, rusak, ataupun terjadi pencurian barang. Perubahan jumlah ini mengharuskan pihak perusahaan untuk melakukan penyesuaian ketika berkurangnya jumlah stok barang. Persediaan barang yang terabaikan dapat menimbulkan laba bersih dan harga pokok barang tidak tercatat dengan benar.

 

3. Salah Memilih Metode Perhitungan

Terdapat tiga metode penghitungan inventori yang umum digunakan oleh pebisnis yakni metode FIFO, LIFO, dan Average. Tidak semua metode dapat diterapkan dalam bisnis, sehingga sesuaikan metode perhitungan tersebut dengan karakteristik bisnis Anda.

Kesalahan yang terjadi karena memilih metode yang tidak tepat dapat mengakibatkan pengambilan keputusan bisnis tidak tepat. Karenanya, Anda harus berhati-hati dalam memilih metode perhitungan dengan menyesuaikan kondisi perusahaan.

Baca Juga: Process Costing: Arti, Urgensi, dan Implementasinya

 

4. Jarang Mengecek Fisik Persediaan Barang

Persediaan Barang

Stok barang perlu untuk dilakukan proses pengecekan secara rutin. Bisa perbulan ataupun perminggu. Aktivitas ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian pada pencatatan akuntansi perusahaan dengan jumlah stok digudang. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga akurasi laporan keuangan.

Kelalaian dalam mengecek fisik persediaan dapat mengakibatkan beragai risiko. Misalnya jika pihak perusahaan mencatat stok barang terlalu tinggi ini menyebabkan kelebihan stok gudang, sehingga terjadi pemborosan keuangan memicu kerugian bisnis. 

 

5. Tidak Memiliki Sistem Perangkat Lunak 

Sistem perangkat lunak akan membantu mempermudah pengelolaan inventory. Permasalahan berupa kesalahan penghitungan, input data, dan pemetaan akun dapat diatasi dengan cepat melalui penggunaan sistem perangkat lunak. Perusahaan yang tidak menggunakan sistem perangkat lunak akan menemui berbagai risiko akibat proses penghitungan manual. Sistem yang dapat Anda gunakan untuk mengelola dan menghitung persediaan barang adalah melalui Aplikasi Accounting Online.

Baca Juga: Peran Pemetaan Akun pada Software Akuntansi

 

6. Tidak Melakukan Pelatihan pada Karyawan

Mempunyai karyawan yang profesional dapat meminimalkan terjadinya kesalahan dalam penghitungan persediaan barang. Untuk itu, perusahaan perlu untuk melakukan pelatihan ataupun pengembangan terhadap karyawannya agar keahlian dan keterampilan karyawan dapat meningkat.

Dengan memahami beberapa kesalahan tersebut, Anda dapat mengetahui langkah-langkah strategis untuk mencegah dan menghindari terjadinya resiko dalam pengelolaan persediaan barang perusahaan. 

 

Atasi Kesalahan Penghitungan Dengan 1 Aplikasi

Untuk mengatasi berbagai risiko keuangan akibat kesalahan penghitungan persediaan barang, Anda tidak perlu lagi mengatasi masalah tersebut secara satu persatu. Hanya dengan satu aplikasi semua masalah teratasi. Aplikasi ini adalah Countama, sebuah Software Pembukuan Keuangan yang menjadi solusi efisien dan efektif bagi pengelolaan inventoris Anda. 

Dengan Countama, Anda dapat menghindari setiap permasalahan yang terjadi pada inventoris kantor. Mulai dari pencatatan, penghitungan, hingga pengelolaan stok barang dapat dilakukan secara otomatis.  

Baca Juga: Sistem Custom Bisnis Sesuaikan Kebutuhan Spesifik Anda 

Persediaan Barang

Kini, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan kesalahan-kesalahan yang dapat menimbulkan kerugian pada perusahaan. Segera kunjungi situs website Countama sebagai Jasa Akuntan Online yang dapat membantu pengelolaan stok barang menjadi lebih optimal. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi situs website PT. Arkatama, Software House pendiri Countama yang menjadi Jasa Konsultan IT sekaligus IT Training Center terpercaya.

Dengan menghubungi kontak kami di sini, Anda akan segera mendapatkan layanan terbaik dari kami berupa Software Accounting Online untuk mempermudah kinerja bisnis Anda. Tak hanya itu, Anda juga dapat mencoba layanan demonstrasi dari kami secara gratis. Klik di sini untuk mendapatkannya!

Artikel Lainnya

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Buka WhatsApp
1
Butuh bantuan?
Scan the code
care
Halo, ada yang bisa kami bantu?