CounTama

Aplikasi Akuntansi: Strategi Kelola Inventory Bisnis

APLIKASI AKUNTANSI: STRATEGI KELOLA INVENTORY BISNIS

Kelola Inventory – Sudah tidak asing lagi bagi para pebisnis untuk melakukan kegiatan pendataan, pencatatan, dan pengelolaan aset perusahaan. Kegiatan ini yang dinamakan sebagai inventaris. 

Mengapa kegiatan inventaris ini penting? Karena persediaan merupakan aset penting dalam perusahaan dan langkah yang Anda ambil untuk mengelolanya dapat menentukan berhasil atau tidaknya bisnis yang Anda bangun. Tetapi jangan khawatir, Anda dapat mengelola inventoris ini dengan mudah melalui aplikasi akuntansi sebagai solusi praktis bisnis Anda. 

Countama adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengelola inventoris secara praktis. Melalui aplikasi akuntansi ini akan memastikan kegiatan bisnis Anda berjalan dengan lancar dan optimal. 

Bagi Anda yang baru memulai bisnis, artikel ini sangat direkomendasikan untuk memberi pemahaman tentang strategi praktis untuk mengelola inventoris dengan bantuan fitur-fitur unggulan Countama.

 

SEKILAS TENTANG COUNTAMA 

Countama adalah Aplikasi Accounting Online yang dapat memudahkan pencatatan laporan keuangan secara digital. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Arkatama sebagai Software House dan IT Training Center profesional sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya sebagai pengembang software akuntansi. Sistem perangkat lunak ini dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur canggih untuk membantu pebisnis dengan menghasilkan pencatatan dan pelaporan keuangan secara rapi, terpusat, dan akurat. 

 

FITUR COUNTAMA PERMUDAH KELOLA INVENTORY

Data inventoris perusahaan dapat dikelola dengan mudah melalui fitur canggih yang ditawarkan oleh Countama. Melalui fitur persediaan, Countama menyediakan informasi lengkap berupa daftar barang dan grup barang. 

1. Daftar Barang

daftar barang inventory

Fitur pada bagian persediaan ini memberikan informasi detail yang memudahkan perusahaan untuk mencatat dan mengidentifikasi semua barang atau item yang tersimpan dalam perusahaan. Pengguna dapat mengetahui data barang secara lengkap berupa kode barang, barcode, nama barang, jumlah stok, dan harga jual barang tersebut. Selain itu, pengguna juga dapat mengubah dan menghapus barang apabila terdapat kesalahan ataupun perubahan. 

Informasi ini juga dapat diekspor dengan memberikan opsi format pdf ataupun excel untuk menyesuaikan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda dapat berbagi data terkait daftar barang dengan mudah kepada pihak internal maupun pihak eksternal. 

 

2. Daftar Grup dan Departemen Barang 

Fitur persediaan yang disediakan Software Akuntansi Online ini memudahkan penggunanya untuk mengelompokkan barang secara sistematis. Meliputi daftar grup dan departmen barang. Pada daftar grup digunakan sebagai kategori umum seperti perangkat, barang, dan sembako. Sedangkan departmen barang berisi sub-kategori seperti penataan barang berdasarkan lokasi penempatannya. Fitur ini akan memastikan pengelolaan inventory Anda dapat berjalan lancar dan efisien. 

 

3. Daftar Grup Barang

Daftar Grup dan Departemen Barang 

Di sini pengguna dapat mengatur dan mengkategorikan barang berdasarkan jenisnya dengan mudah. Misalnya, jika bisnis Anda bergerak disektor makanan dan minuman, Anda dapat mencantumkan grup barang berupa sembako, minuman, makanan, dan lain-lain. 

Sistem ini juga dilengkapi dengan manajemen akses, sehingga Anda dapat mengedit, menambah, maupun menghapus data secara fleksibel. Dengan data yang tercatat secara rapi dan lengkap ini dapat mengelola dan mengawasi inventory perusahaan lebih optimal.

 

4. Daftar Departemen Barang 

Departmen barang memberikan informasi yang lebih detail terkait persediaan barang. Jika departmen dituliskan keterangan lantai bawah dan lantai atas ini menunjukkan kategori barang berdasarkan dengan lokasi penyimpanannya. Ini akan membantu Anda untuk mempercepat proses pencarian dan pemantauan barang melalui lokasi penyimpanan fisiknya. 

Daftar Grup dan Departemen Barang 

Dalam daftar departemen barang ini Anda juga dapat menambahkan data melalui fitur tambah departemen data. Meliputi grup barang, nomor, departemen, kode barang, harga pokok penjualan, pendapatan, dan persediaan dapat disimpan dengan mudah melalui aplikasi ini. 

 

Mengoptimalkan Proses Inventory Melalui Countama 

Melalui fitur persediaan sebagai salah satu fitur unggulan Countama ini akan mempermudah Anda dalam mengelola inventory perusahaan. Mulai dari melihat daftar barang, monitoring persediaan, mengevaluasi barang, dan merencanakan anggaran. Ini akan mendorong manajemen inventory perusahaan Anda menjadi lebih maksimal. 

Tidak hanya memudahkan dalam mengelola inventory, Aplikasi Pembukuan Keuangan ini juga mampu menghasilkan laporan keuangan yang informatif sebagai pengambilan keputusan yang efektif. 

Jadi, Jika Anda membutuhkan alat akuntansi untuk kelola inventory perusahaan Anda, Countama dapat menjadi solusi yang tepat sebagai Jasa Akuntansi Online pilihan utama Anda.

Cobalah fitur dan layanan demo Countama sekarang juga dengan melakukan klik di sini. Jelajahi aplikasi ini untuk membantu Anda memproses data keuangan dengan pencatatan yang rapi dan akurat. 

Jika Anda tertarik dengan Aplikasi Accounting Countama, jangan ragu untuk menghubungi lewat pesan langsung di akun instagram milik perusahaan Jasa Konsultan IT @arkatamamulti.

Artikel Lainnya

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Buka WhatsApp
1
Butuh bantuan?
Scan the code
care
Halo, ada yang bisa kami bantu?